Selasa, 19 November 2013

MENGENDALIKAN FUNGSI MANAJEMEN

III. MENGENDALIKAN FUNGSI MANAJEMEN

A.       Definisi Pengendalian
Tahap yang menentukan dari proses manajemen. Proses pemantauan aktivitas untuk menjamin standar dapat terlaksana sebagaimana yang direncanakan dan melakukan langkah koreksi terhadap penyimpangan yang berarti.

B.   Langkah-langkah dalam kontrol
a)      Menentukan standar yang akan digunakan sebagai dasar pengendalian.
Standar yang dimaksud adalah criteria yang sederhana untuk prestasi kerja, yakni titik-titik yang terpilih didalam seluruh program perencanaan untuk mengukur prestasi kerja tersebut guna memberikan tanda kepada manajer tentang perkembangan yang terjadi dalam perusahaan itu tanpa perlu mengawasi setiap langkah untuk proses pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan.

b)      Melakukan Pengukuran Prestasi Kerja

      Pengukuran prestasi kerja idealnya dilaksanakan atas dasar pandangan kedepan, sehingga penyimpangan-pennyimpangan yang mungkin terjadi ari standar dapat diketahui lebih dahulu.
           
c)    MenetapkanApakah Prestasi Kerja Sesuai dengan Standar

      Yaitu dengan membandingkan hasil pengukuran dengan target atau standar yang telah ditetapkan. Bila prestasi sesuai dengan standar manajer akan menilai bahwa segala sesuatunya beada dalam kendali.

d)     Melakukan tindakan perbaikan jika terjadi penyimpangan.

Proses pengawasan tidak lengkap bila tidak diambil tindakan untuk membetulkan penyimpangan yanf terjadi. Apabila prestasi kerja diukur dalam standar, maka pembetulan penyimpangan yang terjadi dapat dipercepat, karena manajer sudah mengetahui dengan tepat, terhadap bagian mana dari pelaksanaan tugas oleh individu atau kelompok kerja, tindakan koreksi itu harus dikenakan.

      C. Tipe-tipe kontrol
a)    Preventif, pengendalian manajemen berhubungan dengan perencanaan strategi yang dijabarkan dalam bentuk program-program
b)    Operasional,
Pada tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan pengawasan pelaksanaan program yang telah ditetapkan melalui alat berupa anggaran.
Pengendalian kinerja. Pada tahap ini pengendalian manajemen berupa analisis evaluasi kinerja berdasarkan tolak ukur kinerja yang telah ditetapkan
c)    Pengendalian umpan balik (post-action control).
Pengendalian ini mengevaluasi hasil-hasil yang telah terjadi suatu kegiatan selesai. Penyebab-penyebab penyimpangan kemudian ditentukan dan kemudian penyebab-penyebab tersebut dapat digunakan untuk perencanaan dimasa mendatang untuk kegiatan serupa.

D.   Kontrol proses manajemen
                   1.Pengendalian langsung, yaitu pengendalian yang dilakukan sendiri secara langsung oleh seorang manajer. Manajer memeriksa pekerjaan yang sedang dilakukan untuk mengetahui apakah dikerjakan dengan benar dan hasil-hasilnya sesuai dengan yang dikehendakinya.

2.Mengurangi insisiatif bawahan, karena mereka merasa bahwa atasannya selalu mengamatinya.

3. Ongkos semakin besar karena adanya biaya perjalanan dan lainnya.

           
            SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar